Apa sih Biomassa untuk Bahan Bakar Memasak?

Apa sih Biomassa untuk Bahan Bakar Memasak?
Apa sih Biomassa untuk Bahan Bakar Memasak?

 

Apa sih Biomassa untuk Bahan Bakar Memasak?

Biomassa adalah  material Hayati, yang bisa digunakan sebagai bahan bakar.  Biasanya merupakan limbah hasil pertanian yang dikeringkan. Biomassa merupakan energi terbarukan yang berpotensi sebagai bahan bakar memasak rumah tangga.  Tentu saja terbarukan, karena setiap saat di Indonesia ini kita bisa menanam dan bisa memanen. Nggak habis-habis…. Makanya dikatakan “TERBARUKAN”. Nah…sudah mengerti kan apa itu biomassa untuk bahan bakar memasak?

Baik kita ulas lebih lanjut ya apa itu Biomassa untuk Bahan Bakar Memasak…

Jaman nenek moyang kita dahulu, memasaknya menggunakan tungku kayu. Tapi duh…banyak sekali asap dan jelaganya ya… Dapur dan alat masak menjadi hitam karena jelaga. Asap dapur memenuhi ruangan.

Akibatnya banyak ibu-ibu kala itu yang menderita penyakit pernapasan karenanya.

Masih ada juga sih yang sekarang memasak dengan tungku kayu konvensional.

 

 

Beruntung saat ini PT Pancaran Sinar Berkah  sudah menyediakan untuk anda kompor TSHE yang menggunakan biomassa untuk bahan bakar memasak.

Kompor Biomassa TSHE (Tungku Sehat Hemat Energi)  dijamin Anti meledak! Kompor ini di desain untuk kualitas pembakaran yang jauh lebih baik dibandingkan tungku kayu konvesional yang dahulu digunaan nenek moyang kita untuk memasak.  Sehingga lebih sehat karena asap dan jelaga yang lebih sedikit. Bahkan kompor yang dilengkapi dengan blower tidak berjelaga lho…

Apa saja  sih biomassa yang bisa digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak?

Pada prinsipnya semua biomassa yang kering bisa digunakan untuk bahan bakar memasak.

Sebagai ilustrasi :

  1. Jika anda tinggal di daerah perkebunan kelapa sawit ataupun industry pengolahan kelapa sawit? Nah tentunya banyak limbah cangkang sawit tuh yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar memasak. Pasti murah karena tersedia berlimpah, bahkan banyak yang terbuang lho… alias Gratis untuk dimanfaatkan. Nah, anda bisa menggunakan jenis  TSHE kompor cangkang sawit.

Tandan kosong kelapa sawitpun juga bisa tuh digunakan untuk bahan bakar memasak.  Potong-potong agar berukuran lebih kecil, kemudian dikeringkan dan siap digunakan untuk memasak. Nah, kalau potongannya agak besar  anda bisa menggunakan jenis  TSHE kompor Kayu

2. Jika anda tinggal di daerah perkebunan ataupun sekitar hutan yang banyak tersedia ranting kayu yang patah dan kering, maka bisa tuh… memanfaatkan ranting kayu yang sudah kering menjadi bahan bakar memasak. Anda bisa menggunakan jenis TSHE kompor Kayu. Sangat mungkin gratis ya…

3. Kalau anda tinggal di daerah sentra pembuatan mebel, pasti banyak tuh potongan-potongan kayu kecil yang terbuang. Anda bisa menggunakannya sebagai bahan bakar memasak menggunakan jenis TSHE kompor Kayu.

Limbah serutan kayu dan serbuk gergajian dari pembuatan mebel bisa juga digunakan untuk bahan bakar. Agar tidak cepat habis terbakar, perlu dipadatkan terlebih dahulu menjadi pellet.  Ini memudahkan kita dalam memasak karena pellet yang dimasukkan ke dalam tabung bakar kompor bisa mencukupi kebutuhan memasak lebih dari 1 jam. Jadi nggak repot menambah bahan bakar terus menerus (dalam bahasa jawa, nggak repot ngejokki bahan bakar ke kompornya terus terusan).

Repot kan kalau tidak dibuat pellet…. Malahan nggak konsentrasi masak tapi sibuk ngejokki serbuk gergajennya melulu ke kompor…

4. Kalau anda tinggal di daerah penghasil kemiri, bisa memanfaatkan cangkang kemiri untuk memasak menggunakan jenis TSHE kompor cangkang. Murah…mudah…berlimpah bahan bakarnya… dan aman pemakaiannya.

5. Kalau anda tinggal di daerah pertanian sawah penghasil padi. Kulit gabah (sekam padi) bisa di press (dipadatkan) menjadi pellet sekam untuk bahan bakar memasak. Bisa menggunakan kompor cangkang maupun kompor pellet.

Untuk kompor pellet, dilengkapi blower sehingga pembakarannya sempurna. Itu sebabnya tidak ada jelaga dan asap.

Usaha penggilingan padi pasti senang ya… karena sekam yang menggunung bisa termanfaatkan dengan baik. Ini bisa meningkatkan pendapatannya pasti.

6. Kalau anda tinggal di daerah yang banyak menanam jagung, maka tongkol jagungnya bisa dikeringkan dan kemudian dipadatkan menjadi pellet. Anda bisa menggunakan kompor pellet maupun kompor cangkang untuk memasak.

Nah sudah kebayang dan paham kan Apa itu biomassa untuk bahan bakar memasak?

 

Baca juga :

Kompor Biomassa Layak Edar harus sesuai SNI

Polusi Udara saat Masak Berakibat Kematian

Eksotisme sekam untuk memasak

Menuju subsidi gas LPG tepat sasaran

Jual kompor biomassa di Indonesia (potensi  menjadi reseller)

Laboratorium Nasional Pengujian Kompor

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *