Laboratorium Nasional Pengujian Kompor di Indonesia Canggih & Akurat

 

Laboratorium Nasional Pengujian Kompor di Indonesia 2017, Canggih & akurat
Peresmian Laboratorium Nasional Pengujian Kompor di Indonesia Canggih & akurat

 

Peresmian Laboratorium Nasional Pengujian Kompor di Inonesia. Sambutan World Bank Representatif

 

Laboratorium Nasional Pengujian Kompor di Indonesia Canggih & Akurat

 

Laboratorium Nasional Pengujian Kompor  di Indonesia telah diresmikan.

Apabila Bapak Ibu sekalian memproduksi kompor dan akan diujikan sesuai standar SNI atau standar tertentu yang dikehendaki ( misalnya untuk tujuan ekspor, biasanya mengacu pada standar negara yang akan dituju) bisa melakukan pengujian disini.

Alamatnya : di Jalan Pendidikan. Gedung P3TKEBTKE. Gunung Sindur. Bogor.

Sungguh membanggakan karena saat ini kita sudah mempunyai Laboratorium dengan fasilitas pengujian yang canggih dan akurat.

Gedung Laboratorium Nasional Pengujian Kompor di Indonesia

 

 

Pembahasan pengujian kompor Biomassa Nasional 2017. Dari kiri : Ibu Farida ( Kepala Subdit Keteknikan dan Lingkungan Bioenergi), Ibu Menik Sumasroh (Komite Teknis SNI), Ibu Elis (Kasubdit Investasi dan Kerjasama Bioenergi), perwakilan World Bank untuk pengembangan kompor Biomassa,

 

Pengujian Kompor Biomassa

Pengukuran hasil pengujian secara computerize

Gas hasil bakar akan ditangkap seluruhnya oleh peralatan uji.

Karena semua langsung terkoneksi dengan komputer. Sehingga tercatat berapa emisinya, berapa CO yang keluar dari pembakaran dengan kompor yang sedang diuji.

Kandungan Karbonmonoksida (CO) ini menggambarkan pembakaran yang tidak sempurna atau kurangnya efisiensi pembakaran.

Begitupun dengan material emisi gas yang berukuran sangat kecil akan dapat terdeteksi dengan gas analyser yang langsung tampil di layar monitor, berapa yang sedang keluar dan berapa akumulasinya selama pemasakan dilakukan dalam pengujian tersebut.

Pengukuran kinerja kompor juga langsung dapat dideteksi. Baik efisiensi thermal maupun efisiensi kompor. Begitupun daya kompor pasti tercatat dengan cermat.

Pada Peresmiannya, memang untuk progam pengembangan kompor Biomassa dalam program Tungku Sehat Hemat Energi.  Peralatan Uji yang digunakan mendapatkan bantuan hibah dari World Bank. Tetapi Laboratorium ini pada pemanfaatannya  kedepan, akan secara menyeluruh untuk pengujian kompor secara Nasional di Indonesia.

Jadi Laboratorium Nasional Pengujian Kompor di Indonesia ini digunakan untuk menguji semua kompor, baik kompor Biomassa, kompor Biogas, kompor Bioetanol, maupun kompor gas LPG; Semoga semakin banyak kita bisa sediakan pilihan kompor dengan berbagai bahan bakar di masyarakat. Dengan demikian kita tidak tergantung pada bahan bakar fosil. Kita bisa mandiri Energi. Ya… Kita Pasti Bisa.

Go Indonesia Mandiri Energi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *